Cara Mengaktifkan Dark Mode di Android dan iPhone Terbaru

Dark Mode merupakan salah satu fitur terbaru yang telah di update pada OS terbaru di Android dan iPhone. Dengan fitur Dark Mode ini, memungkinkan anda bisa membuat tema di HP menjadi lebih gelap. Fitur Dark Mode ini merupakan salah satu fitur bawaan daru update sistem operasi Android 9.0 dan juga iOS 13.

Cara Mengaktifkan Dark Mode di Android dan iPhone Terbaru

Tidak hanya Android dan iPhone saja loh yang memiliki fitur Dark Mode ini. Namun pada Apple juga memiliki fitur Dark Mode loh. Namun kabar-kabar, katanya sih kalau fitur Dark Mode yang terdapat di iPhone lebih canggih loh dari pada di Android.

Cara Mengaktifkan Dark Mode di Android dan iPhone


Nah pada artikel yang kali ini saya bahas ini, saya akan memberikan tips tentang Cara Mengaktifkan Dark Mode di hp Android dan iPhone. Namun sebelum membahas cara mengaktifkannya, ada baiknya anda pahami dulu tetang apa saja sih manfaat dari fitur Dark Mode itu. Berikut ulasan tentang manfaat dark mode.

Manfaat Mengaktifkan Dark Mode


Tentunya kita semua tahu, kalau warna tema yang ada di Android dan iPhone didominasi dengan warna putih kan, Nah dengan menggunakan fitur Dark Mode ini, maka anda bisa membuat tampilan hp anda menjadi seperti baru loh. Karena dengan mengaktifkan fitur Dark Mode, maka tema di hp anda akan berubah menjadi warna hitam dan akan tampak lebih keren cuy.

Selain merubah warna tema, tentunya para produsen hp juga yang telah memperhitungkan mengenai manfaat yang bisa dirasakan oleh para pengguna fitur ini. Menurut Google, fitur Dark Mode ini bisa membuat konsumsi baterai menjadi semakin irit, karena layar ponsel tidak perlu menerangi pada bagian yang berwarna gelap. Warna latar yang berwarna hitam, akan di minimalisir kinerja hp anda, sehingga anda bisa menggunakan hp anda dengan lebih lama.

Dengan kata lain, bahwa fitur Dark Mode ini akan lebih efektif digunakan untuk Hp yang sudah menggunakan panel layar AMOLED, Panel tersebut sudah terkenal lebih irit, namun lebih terang dari pada panel IPS.

Cara Mengaktifkan Dark Mode di Android


Untuk mengaktifkan Dark Mode pada hp Android ini, sebenarnya ada 2 cara yang bisa anda lakukan loh. Maka pilihlah di antara dua cara tersebut yang sesuai dengan konsidi hp anda saat ini yap,

1.  Cara Mengaktifkan Dark Mode di Android 9.0 (Pie)


Cara ini, bisa anda lakukan dengan mudah, apalagi kalai hp Android yang anda gunakan sudah menggunakan sistem operasi Android 9.0 atau Android Pie.

Buka menu Setting, kemudian cari opsi Display. Pada layar pengaturan display, carilah opsi Dark Mode, lalu klik opsi tersebut.

Cara Mengaktifkan Dark Mode di Android 9.0 (Pie)

Disitu anda akan menemui 2 opsi Dark Mode. Lalu pilihan Dark Mode yang akan mengaktifkan fitur ini secara permanen hingga anda mematikan lagi setelan ini. Sementara, pada opsi Schedule yang akan mengaktifkan Dark Mode sesuai dengan jadwal yang anda buat. Anda juga bisa menyetel Dark Mode hanya menyala ketika malam hari dengan opsi ini.

Cara Mengaktifkan Dark Mode di Android 9.0 (Pie)

Dengan begitu, anda telah berhasil mengaktifkan fitur Dark Mode di HP Android.

2. Cara Mengaktifkan Dark Mode di Android dengan Aplikasi Launcher


Jika anda ingin mengaktifkan fitur Dark Mode tapi HP anda belum memakai sistem operasi Android 9.0, anda tidak perlu khawatir, karena anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga loh, yaitu dengan menggunakan aplikasi Nova Launcher. Dengan menggunakan aplikasi ini, anda akan tetap bisa untuk mengubah tema hp menjadi gelap. Caranya langsung ikuti langkah berikut.

Unduh dan kemudian Install aplikasi Nova Launcher. Setelah itu, jalankan aplikasi tersebut hingga tampilan pada menu hp anda berubah.

Kemudian cari aplikasi Nova Setting, lalu klik aplikasi tersebut. Kemuidan klik pada opsi Night Mode untuk mengaktifkan Dark Mode di HP Android-mu. Lalu Klik anak panah yang berada di kanan atas layar, lalu pilih On pada menu yang muncul.

Cara Mengaktifkan Dark Mode di Android dengan Aplikasi Launcher


Disitu, anda bisa memilih salah satu di antara 3 warna background yang tersedia. Ketiga warna tersebut memiliki tingkat kegelapan yang berbeda. Selain itu, anda juga bisa menggunakan tema berwarna gelap di search bar, app drawer, dan lain-lain dengan memberi ceklis pada kolom yang tersedia.

Cara Mengaktifkan Dark Mode di Android dengan Aplikasi Launcher

Jika sudah, maka anda telah berhasil mengaktifkan fitur Dark Mode pada HP Android-mu dengan menggunakan aplikasi Nova Launcher.

Cara Mengaktifkan Dark Mode di iPhone


Jika anda merupakan seorang pengguna iPhone, Anda juga bisa mengaktifkan Dark Mode di iPhone loh. Namun, yang perlu diingat bahwa fitur Dark Mode ini hanya bisa di aktifkan apabila sistem operasi iPhone anda sudah di-update menjadi iOS 13 terlebih dahulu.

Buka menu Settings, kemudian pilih opsi Display & Brightness.

Cara Mengaktifkan Dark Mode di iPhone

Lalu pilih di antara 2 tema yang tersedia. Kalau anda ingin menggunakan Dark Mode, maka pilih tema Dark.

Cara Mengaktifkan Dark Mode di iPhone

Anda juga bisa menyetel iPhone anda supaya bisa mengganti Dark Mode ke Light Mode dengan mengaktifkan tombol Automatic yang ada di bawah pilihan tema.

Cara Mengaktifkan Dark Mode di iPhone

Lalu pilih jadwal kapan iPhone akan menggunakan Light Mode dan Dark Mode dengan mengklik Options, lalu pilih Custom Schedule.

Cara Mengaktifkan Dark Mode di iPhone

Jika semua sudah dilakukan, maka Dark Mode sudah aktif di iPhone anda.

Demikian tips yang bisa saya bagikan kali ini tentang Cara Mengaktifkan fitur Dark Mode di Android dan iPhone. Semoga dengan apa yang sudah saya bagikan ini bisa bermanfaat ya cuy. Sekian dan selamat mencoba.

0 Response to "Cara Mengaktifkan Dark Mode di Android dan iPhone Terbaru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel