Kenapa Memori Internal 64 GB Tidak Akan Cukup di Tahun 2020? Ini Alasannya

Suatu perkembangan teknologi yang diadaptasi oleh smartphone akan semakin berkembang di setiap harinya. Hal tersebut yang disebabkan karena banyaknya kebutuhan pengguna smartphone yang semakin kompleks.

 Memori Internal 64 GB Tidak Akan Cukup di Tahun 2020

Untuk mendukung kinerja handphone untuk menjalankan aplikasi tertentu yang anda butuhkan, spesifikasi hardware yang mempuni menjadi hal yang sangat penting termasuk kapasitas penyimpanan. Contohnya seperti iPhone 11 yang masih menggunakan memori internal 64GB tanpa adanya dukungan memori eksternal, apakah masih layak ditahun 2020 dengan ruang penyimpanan hanya 64GB?

5 Alasan Kenapa Anda Butuh Storage Lebih dari 64GB


Untuk menjalankan aplikasi di smartphone, anda perlu mengunduhnya terlebih dahulu dan tentunya hal tersebut membutuhkan space tersendiri. Ukuran aplikasi juga akan semakin lama semakin besar, bukan hanya untuk aplikasi itu saja, tapi juga untuk merekam history dan menyimpan data hasil olahan aplikasi tersebut. Anda juga harus mengalokasikan space kosong di handphone anda, karena handphone anda akan cenderung terasa lemot ketika space kosong di handphone anda hanya sedikit saja.

Lalu, berapakah kapasitas penyimpanan yang ideal di tahun 2020? Kenapa 64GB yang sering menjadi opsi penyimpanan terendah yang ditawarkan si pabrikan smartphone sudah tidak relevan? Langsung saja yuk, simak beberapa alasannya kenapa memori internal 64GB tidak cukup di tahun 2020 berikut ini.

1. Updates Aplikasi dan OS, Sedikit tapi Sering


 Memori Internal 64 GB Tidak Akan Cukup di Tahun 2020

Tentunya para developer akan seringkali melakukan update aplikasi yang mereka kembangkan untuk mengatasi bug dan juga untuk menambahkan fitur tertentu supaya selalu relevan dengan penggunanya. Bahkan beberapa aplikasi bahkan menjadi tidak bisa diakses kalau anda belum update ke versi terbaru dari aplikasi tersebut.

OS yang anda gunakan di smartphone juga akan sering mendapatkan update bahkan sampai 1GB lebih. walaupun update hanya memerlukan beberapa MB saja, frekuensi update yang cukup tinggi dan jumlah aplikasi yang banyak pada akhirnya membutuhkan jumlah penyimpanan yang banyak juga.

Bagi anda yang punya berbagai macam aplikasi, anda mesti memperhitungkan faktor update ketika memilih kapasitas penyimpanan yang sesuai dan 64GB mungkin tidak cukup. Untuk casual user yang cuma meng-install aplikasi yang penting-penting aja di handphone anda 64GB masih bisa menjadi pilihan yang masuk akal.

2. Unduh Musik dan Video, Ketika Streaming Tidak Cukup


 Memori Internal 64 GB Tidak Akan Cukup di Tahun 2020

Aplikasi streaming musik dan video menjadi jenis aplikasi yang cukup populer belakangan ini. Aplikasi ini menawarkan opsi untuk menghemat kapasitas penyimpanan smartphone anda. Opsi streaming ini memang terdengar seperti opsi yang menawan, tetapi pada kondisi tertentu opsi ini jauh dari ideal.

Ketika anda mau bepergian menggunakan pesawat dan ingin mendengarkan musik atau menonton film favorit anda, akhirnya harus mengunduh juga. Belum lagi ketika anda ingin menghemat kuota internet, pada akhirnya anda harus menyimpan file musik dan film favorit di smartphone.

Satu file musik bisa berukuran sampai 10 MB dan ketika anda ingin menyimpan semua lagu favorit yang ingin anda dengarkan suatu saat dibutuhkan kapasitas penyimpanan sampai bergiga-giga. Tidak jauh berbeda dengan film. Satu film saja bisa berukuran lebih dari 1 GB dan untuk movie mania yang pingin menyimpan film favorit mereka di smartphone kebayang berapa banyak space yang dibutuhkan. Kalau anda pencinta music atau movie mania yang ingin menghemat kuota, 64GB tidak bakalan cukup.

3. Ukuran File Foto dan Video yang Besar, Tidak Bisa Bebas Foto-Foto


 Memori Internal 64 GB Tidak Akan Cukup di Tahun 2020

Teknologi kamera handphone yang akan semakin berkembang membuat ukuran file foto dan video yang diambil dari kamera smartphone menjadi semakin besar. Satu foto yang bener-bener banyak detailnya bisa berukuran sampai lebih dari 10 MB. Untuk anda yang suka banget foto-foto bakal butuh banget space yang banyak.

Belum lagi untuk yang suka merekam momen spesial, satu video dengan kualitas HD membutuhkan space ratusan MB bahkan sampai 1 GB lebih. Yang sering foto-foto dan videoan, anda tidak bakalan puas hanya dengan 64GB. Bukti nyatanya adalah kini sudah ada HP dengan kamera 108MP di pasaran.

4. Kapasitas Game yang Semakin Besar, Gamers Butuh Ruang Lebih


 Memori Internal 64 GB Tidak Akan Cukup di Tahun 2020

Mobile game mengalami perkembangan yang sangat pesat di berbagai aspek. Salah satu aspek paling penting yang berkembang adalah visual. Semakin bagus visual suatu game maka semakin banyak kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan. Mobile game yang mendukung HD graphic membutuhkan penyimpanan sampai beberapa giga.

Game juga seringkali menambahkan expansion dan updates yang sekalinya update bisa sampai 1 GB lebih. Untuk anda yang salah satu tujuan untuk beli smartphone supaya bisa main berbagai macam game, anda bakalan akan membutuhkan extra space.

Jika anda tergolom sebagai gamers juga mesti memperhitungkan space kosong di smartphone anda supaya bisa pas anda main game tidak ngelag.

5. Penggunaan Secara Professional Butuh Banyak Space


 Memori Internal 64 GB Tidak Akan Cukup di Tahun 2020

Untuk para professional yang menggunakan handphone nya untuk kebutuhan pekerjaan, kapasitas penyimpanan yang ekstra besar bakal jadi kebutuhan yang penting. Untuk professional pekerja kantoran yang sering menyimpan bahan presentasi, spreadsheet, dan dokumen tertentu kapasitas penyimpanan yang besar mungkin tidak terlalu penting karena ukuran filenya yang kecil.

Hal ini berbeda untuk para pekerja kreatif professional yang seringkali berkutat dengan foto dan video. Kapasitas penyimpanan ekstra besar jadi bahan pertimbangan yang penting dalam memilih handphone. Dengan kualitas kamera handphone yang semakin baik, banyak videografer dan influencer yang sering kali menggunakan handphonenya untuk mengambil foto atau merekam video.

Kapasitas penyimpanan yang besar akan sangat membantu anda yang seperti ini karena akan jauh lebih leluasa dalam menyimpan foto dan video di handphone tanpa harus memindahkannya ke media lain terlalu sering.

Itulah beberapa alasan kenapa kapasitas penyimpanan 64GB tidak akan cukup di tahun 2020. Kapasitas penyimpanan yang diperlukan yang diperlukan oleh setiap orang memang berbeda-beda, maka dari itulah anda harus jeli seakan memilih kapasitas penyimpanan yang paling pas dan tepat pada saat akan membeli handphone.

Semoga dengan apa yang sudah saya bahas ini, bisa bermanfaat dan bisa menambah informasi untuk anda ya cuy. Sekian dan nantikan lagi update terbaru di blog kami. Sekian dan terimakasih.

0 Response to "Kenapa Memori Internal 64 GB Tidak Akan Cukup di Tahun 2020? Ini Alasannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel