Inilah 5 Tips Memilih GPU atau Graphics Card untuk Komputer Gaming

GPU (Graphics Processing Unit) merupakan sebuah komponen terpenting untuk sebuah komputer gaming. Pada saat ini, sudah banyak sekali seri GPU yang ada di pasaran, yang mana mungkin ada sebagian orang yang masih bingung untuk memilih mana GPU yang cocok untuk komputer gaming mereka.

Tips Memilih GPU atau Graphics Card untuk Komputer Gaming

Dan tak heran, kalau GPU untuk gaming ini memiliki harga yang terbilang cukup mahal loh, namun sebenarnya, harga yang cukup mahal, sebanding dengan kualitas yang tersedia di GPU tersebut. Nah, untuk anda yang masih bingung untuk memilih mana GPU yang cocok untuk komputer gaming, disini saya akan memberikan beberapa tips nya untuk anda, langsung saja simak ulasan berikut ini.

5 Tips Memilih GPU atau Graphics Card untuk Komputer Gaming


Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan beberapa Tips Memilih GPU atau Graphics Card untuk Komputer Gaming. Saya harap dengan beberapa tips ini, bisa membantu anda untuk memilih GPU yang pas untuk komputer gaming anda ya cuy. Langsung saja lah, simak beberapa tipsnya berikut ini.

1. Pilihlah antara AMD atau Nvidia

Tips Memilih GPU atau Graphics Card untuk Komputer Gaming

Pada industri GPU, terdapat dua perusahaan yang mendominasi: AMD dan Nvidia. Intel juga akan masuk dalam industri ini pada 2020. Nvidia dan AMD memiliki beberapa perbedaan. AMD lebih unggul dalam GPU budget dan menengah ke atas. Namun GPU ini tidak terlalu efisien dalam hal performa. Nvidia tidak tertandingi dalam GPU kelas atas dengan GPU RTX miliknya.

2. Lihat Siapa yang Memproduksi GPU

Tips Memilih GPU atau Graphics Card untuk Komputer Gaming

Nvidia dan AMD memproduksi GPU mereka sendiri dan memberikan lisensi kepada perusahaan-perusahaan teknologi untuk memproduksi GPU milik mereka. Asus, MSI, EVGA, dan perusahaan lainnya memproduksi GPU milik Nvidia dan AMD atau salah satunya saja. Setiap manufaktur memiliki beberapa seri, seperti Asus yang memiliki TUF, STRIX, TURBO CEBERUS, dan lainnya. Seri-seri tersebut memiliki spesifikasi khusus dan performa yang berbeda. Pastikan kamu selalu membaca spesifikasi dari GPU tersebut dengan teliti.

3. Lihat Besaran Performanya

Tips Memilih GPU atau Graphics Card untuk Komputer Gaming

GPU untuk bermain game disarankan minimal memiliki memori sebesar 2 GB. Nvidia GTX 1050 dan AMD Radeon RX 560 merupakan standar minimal untuk gaming komputer. Semakin besar memori, semakin besar ukuran GPU. Pastikan anda memiliki ruang yang cukup. Itu karena GPU dapat memakan slot di sebelahnya.

4. Tentukan Harga yang akan Anda Keluarkan

Tips Memilih GPU atau Graphics Card untuk Komputer Gaming

Harga untuk GPU yang ditawarkan bervariasi tergantung siapa yang memproduksi. Untuk harga GPU mainstream, berada di kisaran Rp2-5 juta. Untuk GPU high end, memiliki harga di atas Rp10 juta. Jika anda merakit komputer gaming, jangan habiskan setengah dari dana anda untuk GPU, ya cuy.

5. Lihat Garansi dan Layanan Pelanggannya

Tips Memilih GPU atau Graphics Card untuk Komputer Gaming

Garansi dan layanan pelanggan sangat berguna jika GPU bermasalah. EVGA memiliki garansi yang terbaik dibandingkan dengan kompetitornya, tetapi memiliki sedikit service center resmi di Indonesia. EVGA bahkan memberikan limited lifetime warranty kepada pembeli pertama jika mereka mendaftarkan produknya 30 hari setelah pembelian. ASUS memiliki banyak service center di Indonesia. Jadi, Anda lebih mudah untuk membawanya ke service center jika ada masalah.

Anda juga bisa lihat garansi dan service center resmi setiap perusahaan manufaktur GPU di laman resmi mereka.

Itulah beberapa Tips memilih GPU untuk Komputer Gaming. Semoga dengan apa yang sudah saya bahas kali ini, bisa bermanfaat ya cuy. Apa bila ada kesalahan dalam penulisan atapun yang kurang jelas, bisa langsung menanyakannya pada kolom komentar yang sudah saya sediakan dibawah. Sekian dan terimakasih.

0 Response to "Inilah 5 Tips Memilih GPU atau Graphics Card untuk Komputer Gaming"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel