Inilah Manfaat Root HP Android dan Kekurangannya, yang wajib anda tahu

Bagi pengguna smartphone Android, tentunya sudah tidak asing lagi kan dengan istilah Root!. Root itu sendiri yaitu memberikan sebuah akses "Super User" kepada penggunanya untuk dapat masuk ke dalam sebuah sistem. Dengan kata lain, Root dapat memberikan anda hak akses yang lebih tinggi untuk bisa mengubah sistem Android yang ada di smartphone anda.

Android itu sendiri dikembangkan dengan open-source, yang berarti bahwa pengguna umum juga bisa melakukan modofikasi, mulai dari merubah tampilan hingga sistem kinerja pada smartphone anda.

Inilah Manfaat dan Kekurangan Root Hp Android


Melakukan proses Rooting Android ini sudah banyak yang dilakukan oleh para penggunanya, namun banyak pula loh yang tidak berani melakukan Root terhadap HP Android nya, dengan alasan belum mengetahui apa sih kelebihan dan kekurang Root Android.

Nah, untuk anda yang belum mengetahui nya, disini saya akan mengulas tentang Manfaat dan Kekurang Root Android secara lengkap untuk anda. Yuk langsung saja simak selengkapnya dibawah ini cuy.

Keuntungan Root Hp Android

1. Dapat Membuat Smartphone Menjadi Lebih Ngebut

Dengan melakukan Rooting di Android, anda bisa melakukan Overclock Android anda atau dapat mengoptimalkan kinerja hardware, sehingga bisa menjalankan semua aplikasi dengan cepat nih cuy. Sebenarnya sudah ada cukup banyak aplikasi yang bisa anda gunakan untuk melakukan Overclock ataupun Underclock loh, salah satu nya dengan menggunakan aplikasi SetCPU.

2. Dapat MengInstall Aplikasi Game Sepuasnya

Dengan melakukan Root, anda juga bisa menginstall aplikasi atau game yang sebelumnya tidak bisa anda unduh loh, dan sudah cukup banyak juga nih aplikasi dan game keren yang mengharuskan penggunanya untuk menggunakan device yang sudah di root. Dengan begitu, game HD ata 3D yang sebelumnya tidak bisa anda unduh, maka akan bisa anda unduh dengan mudah setelah melakukan rooting Android anda cuy.

3. Dapat Membuang Aplikasi Bawaan

Pada setiap smartphone Android, tentunya sudah tertanam aplikasi bawaan ataupun bloatware yang jarang sekali anda gunakan bahkan tidak anda gunakan sama sekali. Pada umumnya, aplikasi bawaan tersebut tidak bisa untuk dihapus ataupun tidak bisa di-disable, sehingga akan membuat memori internal penuh. Nah, dengan melakukan Rooting, maka anda akan bisa menghapus semua aplikasi bawaan yang tidak anda perlu, ataupun bisa memindahkan aplikasi bawaan tersebut ke SD card, sehingga memori internal HP anda akan lebih luas serta kinerja HP akan semakin ringan dan ngebut nih cuy.

4. Dapat Melakukan Custom ROM

Dengan melakukan rooting ini, anda akan bisa membuat tampilan Android anda menjadi lebih berbeda dari sebelumnya. Karena dengan Custom ROM ini, penampilan Android anda akan bisa menjadi lebih menarik loh cuy. Bahkan ada banyak loh fitur unik yang bisa anda tambahkan sehingga Android anda akan terlihat lebih menarik. Saat ini sudah ada banyak opsi Custom ROM yang bisa anda unduh loh, setelah Android anda di Root.

5. Bisa Membuat Baterai Lebih Hemat dan Tahan Lama

Dengan melakukan Root, anda juga bisa melakukan banyak hal loh, yang bisa membuat baterai HP menjadi lebih awet, salah satunya yaitu dengan kalibrasi baterai menggunakan aplikasi tertentu. Dengan begitu, akan dapat menghemat baterai HP anda hingga 2 kali lipat loh cuy. Namun dengan catatan, anda menggunakannya secara normal.

6. Dapat Memblokir Iklan

Kelebihan Root yang terakhir yaitu anda bisa menginstall aplikasi pihak ketiga untuk memblokir iklan loh cuy, seperti AdBlock Plus dan AdFree yang mewajibkan penggunanya untuk melakukan Rooting terlebih dahulu sebelum menngunduh dan menginstall aplikasi tersebut.

Kekurangan Root Hp Android

1. Akan Menghilangkan Garansi

Dengan melakukan Root Android ini, berarti anda melakukan customisasi sistem Android. Apabila setelah melakukan Root lalu HP anda mengalami kerusakan atau membutuhkan servis, maka garansi yang diberikan akan hangus kerena anda telah melakukan perombakan terhadap sistem operasi Android anda. Maka, kerudian melakukn Root ini, yaitu produsen HP tidak akan bertanggung jawab terhadap kerusakan komponen ataupun sistem smartphone yang sudah di Root nih cuy.

2. Tidak Menerima Upgrade OS Terbaru

Tentunya sistem Android akan selalu mengeluarkan OS Terbaru yang memiliki banyak fitur tambahan untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya. Nah, untuk Hp yang sudah di Root ini maka tidak akan mendapatkan otomatis update OS terbaru, karena sistem yang ada di smartphone Android anda sudah dimodifikasi, bukan oleh pengembangnya, cuy.

3. Rentan Terkena Virus

Untuk HP yang sudah di Root ini, maka akan lebih rentan terkena virus loh, karena pengguna sudah mengijinkan aplikasi di luar Play Store untuk bisa diinstall di smartphone anda. Sudah banyak sekali aplikasi di luar Play Store yang sudah disisipi malware dan bisa menginfeksi smartphone anda loh. Tapi, hal ini bisa anda cegah loh, yaitu dengan tidak mengunduh ataupun menginstall aplikasi atau game di luar Play Store dan juga anda harus memasang antivirus di smartphone anda cuy.

4. Aplikasi Game Sering Error

Walaupun dengan melakukan Root anda bisa menginstall aplikasi dan game apa saja, namun akan ada salah satu kerugiannya loh, yaitu akan adanya kemungkinan error pada saat membuka aplikasi atau saat memainkan game nih cuy. Namun ada solusinya loh, yaitu anda harus melakukan Un-Root smartphone anda, dan kemudian install kembali aplikasi atau game yang error tadi cuy.

5. Smartphone Akan Cepat Panas

Memang benar sih, setelah melakukan Root, akan membuat Hp lebih cepat, Namun ada dampak negatif nya loh, yaitu akan membuat HP cepat terasa panas cuy. Hal tersebut terjadi karena optimasi yang terlalu tinggi, atau karena anda sudah mengoptimalkan kinerja CPU, RAM dan baterai sehingga membuat smartphone anda cepat panas.

6. Kerusakan Sistem dan Hardware

Untuk salah satu resiko terbesar setelah melakukan Root Android yaitu akan adanya kerusakan sistem dan hardware yang akan membuat smartphone anda menjadi rusak total loh cuy, wah gaswat. Seperti terjadinya Bootloop atau mati total, apabila pada saat melakukan proses Root tiba-tiba berhenti di tengah jalan nih cuy. Untuk solusinya yaitu anda harus install ulang sistem Android yang baru dan yang sesuai dengan sistem yang digunakan sebelumnya.

Bukan hanya itu loh, bisa saja akan adanya banyaknya fungsi smartphone yang tidak berfungsi nih cuy, seperti Bluetooth dan Wi-Fi yang tidak bisa di aktifkan ataupun kamera yang gagal berfungsi. Serta HP anda juga akan sering restart sendiri dan yang paling parahnya yaitu hardbrick atau mati total dan tidak bisa dihidupkan lagi loh cuy.

Itulah ulsan yang kali ini saya bahas tentang Keuntungan dan Kerugian Root Android yang wajib anda tahu. Namun, pada intinya, apabila anda ingin melakukan Root, sebaiknya anda sudah memahami cara melakukan Root yang baik dan yang sesuai dengan smartphone yang anda pakai cuy. Semoga dengan artikel yang cukup singkat ini, bisa bermanfaat ya. sekian dan terimaksih.

0 Response to "Inilah Manfaat Root HP Android dan Kekurangannya, yang wajib anda tahu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel